You are here: Home » Antropologi » Beyond economic growth

Beyond economic growth

Ada satu artikel yang diterbitkan oleh Worldbank tentang pendekatan ekonomi yang dilakukan oleh World Bank dan pandangan World Bank sendiri tentang pembangunan. Kalau dilihat dari approach yang dilakukan selama ini, terutama untuk negara negara berkembang, maka kita hanya melihat bahwa World Bank tidak lebih dari sebuah bank yang memberikan pinjaman/hutang buat negara negara developing countries dimana kebanyakan negara tidak dapat membayar kembali pinjamannya terhadap World Bank.

Tapi menurut pandangan saya ,walaupun mereka sebuah Bank , approaching yang dilakukan juga berubah , tidak hanya memberikan pinjaman tapi juga memberikan semacam social investment bagi negara negara yang mereka beri pinjaman.

Konsep konsep mereka tentang pengentasan kemiskinan , pendidikan , peningkatan kualitas hidup, peningkatan terhadap kepekaan terhadap lingkungan hidup dan lainnya , menjadi suatu bahasan yang menarik dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Pendekatan yang berbeda ini, dapat dijadikan sebuah contoh bagaimana sebuah conventinal bank melakukan perubahan sudut pandang (paradigma) dalam pembangunan. Kalau dilihat dari artikel Beyond the economic growth ini , yang isinya sangat bagus, sebenarnya ini semua ada dalam Islam. Hanya saja orang Islam perhatiannya terhadap Al Qur’an dan Al Hadist kurang,sedangkan orang orang barat justru banyak mengadopsi isi Al Qur’an.

Mudah mudahan kita bisa bersyukur dan terus belajar . dan ini url dibawah ini adalah letak artikel Beyond economic growth dapat di download dan saya juga masukkan daftar isi tulisan tersebut. Mudah mudahan wawasan kita bertambah dan kita dapat mengamalkan apa apa yang baik dan benar. Satu hal lagi , rupanya world Bank juga mengambil konsep dari Amartya Sen (buku Freedom to development).

http://www.worldbank.org/depweb/beyond/global/chapter1.html

I. What is development?
II. Comparing Levels of Development
III. World Population Growth
IV. Economic Growth Rates
V. Income Inequality
VI. Poverty
VII. Education
VIII. Health and Longevity
IX. Growth of the Service Sector
X. Urbanization and Urban Air Pollution
XI. Public and Private Enterprises: Finding the Right Mix
XII. Globalization and International Trade
XIII. Foreign Aid and Foreign Investment
XIV. Economic Development and the Risk of Global Climate Change
XV. Composite Indicators of Development
XVI. Indicators of Development Sustainability
XVII. In Search of a Comprehensive Development Strategy